Beranda | Artikel
Tidak Berada diatas Manhaj Yang Benar Namun Bahagia?
Sabtu, 28 Juli 2018

Bersama Pemateri :
Tanya Jawab

Pertanyaan tentang “Tidak Berada diatas Manhaj Yang Benar Namun Bahagia?” ini ditanyakan oleh pemirsa pemirsa Rodja TV dan pendengar Radio Rodja 756AM pada 01 Rajab 1439 H / 18 Maret 2018 M.

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bagaimanakah menumbuhkan keimanan kepada Allah terkait dengan kebenaran dan juga keridhoan yang terbangun dalam hati ketika kami melihat kondisi orang-orang yang diluar manhaj ini berada dalam kondisi yang baik. Sedangkan kita mendapatkan musibah.

Jazakallahu khoir. 

Jawaban:

Apa yang disebutkan oleh penanya, yaitu tidak merasa tenang itu disebabkan karena lemahnya iman yang ada pada diri seseorang. Adapun yang dia lihat dari orang lain yang sebenarnya dia tidak berada diatas manhaj yang benar akan tetapi hidup dia bahagia itu disebabkan karena dia melakukan sebab-sebab kebahagiaan yang dituliskan oleh penulis kitab ini. Bahkan selain orang beriman pun bisa mendapatkan kebahagiaan jika melakukan sebagian sebab-sebab kebahagiaan tadi. Akan tetapi kebahagiaan orang yang beriman lebih sempurna dibandingkan orang yang tidak beriman.

Maka pada intinya orang yang beriman apabila dia merasa kurang tenang, kurang bahagia, hal tersebut kembali kepada imannya yang lemah. Adapun jika seseorang mempunyai iman yang kuat dan dia selalu melakukan amalan-amalan yang shalih pasti dia akan bahagia. Hal ini karena Allah telah menjanjikan didalam Al-Qur’an.

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ ﴿٩٧﴾

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Nahl[16]: 97)

Dijawab oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr dan diterjemahkan oleh Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Simak kajian lengkapnya di Kiat-Kiat Mengusir Kegelisahan – Al Wasaail Mufiidah Lil Hayaatis Sa’iidah

Simak mp3 jawaban pertanyaan “Tidak Berada diatas Manhaj Yang Benar Namun Bahagia?”

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

 


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/31670-tidak-berada-diatas-manhaj-yang-benar-namun-bahagia/